Dalam membangun usaha, penting memetakan posisioning bisnis
kita. Kata Bimo T Prasetyo saat bersama pelayan TDA Jentago di area pemancingan
Limbung Gowa, 9 Juli 2018 kemarin, beliau berbagi ilmu perihal pemetaan
posisioning bisnis.
Pak Bimo yang kini tengah mengembangkan bisnis melalui pandu
usaha, konsultan dan pelatihan pendampingan usaha. Dimulai dari TDA wilayah
Riau _ Kepri. Sekarang melebarkan
sayapnya keluar batam dan memilih Surabaya sebagai basisnya, bekerja sama dengan
mitra diawal 2017 melakukan pendampingan wirausaha. Berawal Pekanbaru,
Surabaya, Malang, Makassar pun tidak lepas dari kunjungannya.
Segmentasi pasar merupakan pembagian pasar dengan pembeli
yang memiliki karakteristik kebutuhan
berbeda, ini bisa dipengaruhi oleh faktor usia, tempat tinggal, hobi,
pendidikan, tingkat ekonomi, atau pun politik dan budaya. Sambung pak Mo,
panggilan ramah pak Bimo dihadapan peserta, member TDA Jentago yang sedang antusias
belajar bersama memetakan bisinisnya.
Dalam melakukan segmentasi, pelaku usaha perlu memerhatikan
segment pasar yang hendak jadi sasaran target agar lebih efektif, namun sebelum
lebih jauh menjelaskan pak Mo menyampaikan lagi untuk memperkuat bisnis
masing-masing pelayan TDA Jentago. Yaitu perbaikan dapur usaha, dari hitung HPP
hingga SOP, dan SDM yang mampu melahirkan sales strategi.
Ditempat yang sama, Ilham Akbar menyampaikan rasa senangnya
atas sharing-sharing ilmu oleh pak Mo.
“Dengan pemetaan bisnis memudahkan kita menemukan sumber-sumber
penghasilan, revenue baru yang mampu diukur, seperti daya beli dan data
pelanggan yang ditargetkan. Tentu dengan memaksimalkan sumber daya yang
dimiliki dalam usaha”. Tutur ketua TDA Jentago. Saff.DC